Minggu, 11 Januari 2009

Hunting Scholarship

Hanya sekedar renungan, yang pantas direnungkan...


Hal ini berdasar, beberapa minggu yang lalu, pada kesempatan mengikuti seminar metalugi yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Metalugi – LIPI, 18 Desember 2008.

Berbekal sebuah poster hasil penelitian (Karakterisasi Susceptibilitas Magnet pada Massa Pembeban Standard Tekanan Pressure Balance), saya berusaha mendengar, memperhatikan hasil penelitan yang dipresentasikan pada seminar tersebut. Walaupun sedikit berat untuk mencernanya, karena memang berbeda bidang keilmuan, dapet juga akhirnya sedikit ilmu dibidang metalurgi.

Tapi bukan hal itu yang menjadi inti permasalahannya!? So what gitu lho??

Hal yang paling berkesan (membekas ) adalah apa yang dipaparkan oleh Bapak Abdul Wahid, (Departemen Perindustrian – keynote speaker), tentang ”Penguatan Struktur Penumbuhan Industri Berorientasi SDA Indonesia”. Salah satu Presentation Slide nya (yang mensitasi dari Prof. Kamil, ITB), menggambarkan orientasi Indonesia, mengenai target negara mana yang akan dikejar.


Setelah melihat, spontan terlontar kata WTF!?( sensor, red.). ”Jangan gila dong!?”, mungkin kata beken itu yang akan terlontar dari mulut, bagi seorang member BFCI (banci fans club indonesia). Yang bener aja?? Lihat aja, terjadi penurunan target negara yang dijadikan kiblat indonesia untuk dikejar. Amerika pada tahun 1970, masih mungkin sih, kalo yang menjadi pemimipin yang mempunyai kualitas seperti SOEKARNO, dan lagi amerika belum menjadi negara adidaya tunggal pada masa tersebut. Jepang pada tahun 1980?? No comment ahh. Korea pada tahun 1990, Please dech , padahal duluan Indonesia merdekanya. Malaysia *##&!%^%*(+)(*.. terakhir LOROSAE???? Silahkan comment sendiri.

Siapakah yang patut dipersalahkan dalam hal tersebut? Pemimpin? Tentu tidak bisa 100% dipersalahkan. Hence, generasi muda yang harus menanggung beban untuk membalik keadaan tersebut. Jadikan cambukan cambukan seperti hal diatas sebagai motivasi buat kita. BELAJAR lebih giat lagi. Toh generasi muda sekarang yang besok akan jadi pemimpin ( atau hanya seorang pemimpi?).

Positive think’n aja, sekarang Jepang lewat Mobukagakusho, Korea, Malaysia melalui Ministry of Higher Education Malaysia dan Amerika dengan Fullbright - nya dan banyak lagi negara lain (ini, itu, ono), menawarkan bantuan berupa Scholarship yang bisa dimanfaatkan untuk menimba ilmu.

So silahkan cek link diatas trus deh hunting scholarship, buat masa depan kita dan masa depan bangsa Indonesia (Moralis ga?). Kaya iklan di TV itu lho, ”Ayo Sekolah!”


Kalo ada yang punya link (berkaitan dengan Scholarships, silahkan tinggalkan dikomentar, nanti akan dishare)

1 komentar:

Aku mengatakan...

sekolahku wae ra lulus2 e... lha kok wes nggolek2 beyasiswa...hhhhh...kapan rabine nek sekolah terus???