Selasa, 10 Februari 2009

VoIP-isasi

TALK is CHEAP!

3 bulan yang lalu tercetuslah konsep “Bimbel-OnLine” yang tertuangkan dalam sebuah BLOG “BBO” ini, yang bertujuan sebagai media pembelajaran, sharing knowledge, sharing problem and problem solving it self (maunya sih), maksud ini sudah tersirat dan tersurat pada posting perdana.


Semuanya dimulai dari NIAT untuk mempunyai koneksi internet, yah buat iseng ajang silaturahmi. Terbelilah sebuah HP bermodem, SMART, yang menurutku lumayan tak mengeruk kantong, kurang dari 300 rb include ongkos parkirnya. (sampai ada beberapa KORBAN yang TERPROVOKASI untuk ikutan membeli J). Alasan lainnya adalah paket data sebesar 2 G/bulan selama 6 bulan yang bisa dinikmati secara GRATIS! Masalah koneksi, sudah menjadi hal yang biasa bahwa konsumen selalu terbohongi dengan IKLAN IKLAN yang menggiurkan. Dari 230 kb/s yang diomongkan hanya 20% nya yang saya dapatkan (setelah saya cek disini)


Tapi saya tidak ingin meREVIEW atau Promosi modem tersebut, hanya ingin mengatakan bahwa, Technology have been develop and increase rapidly, so koneksi internet dengan mudah kamu dapatkan dan kamu akses KAPAN SAJA DAN DIMANA SAJA (NT advertisement).


Nah, beberapa hari yang lalu kudapatkan titik kulminasi, bosen chatting dengan temen temen. Males ngetiknya, banyak salah lagi. Akhirnya meluncur lagi buat nyari HeadSet murahan (lagi lagi alasannya KOCEK), buat nyoba VoIP lewat koneksi dirumah. Walhasil, saya ngobrol GRATIS dengan rekan yang lagi BELAJAR di KOREA sekitar 30 menit. Lancarrrrr. Muncullah ide, untuk mensuport BBO dengan VoIP, karena diketahui banyak kendala dan keterbatasan hubungan dan komunikasi dengan hanya menggunakan email atau sekedar chat, untuk mendiskusikan suatu permasalahan dan solusinya.


TALK is CHEAP!

Intinya kali ini saya ingin memperkenalkan VoIP khususnya untuk wahana operasional BBO kedepan.


VoIP kependekan dari Voice over Internet Protocol


Secara singkat!, Teknologi yang memanfaatkan Internet Protocol untuk menyediakan komunikasi voice secara elektronis dan real-time, dengan mengubah Analog Audio Signal – yang biasa kita dengan sewaktu berbicara di telpon –menjadi data digital yang dapat ditransmisikan melalui internet. Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet.


Dengan syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai kartu suara yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain (Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara).


Komputer, Internet connection, HeadSet, dan Web cam adalah sarana utama untuk mengakses VoIP. Berikutnya akan lebih membawa suasana nyaman apabila disamping anda tersedia Coffee (TOMBO NGANTUUUK!!). Selain itu MOOD anda yang menjadi factor utama saat mengakses VoIP. Seperti saat membuat posting ini, suasana hati saya lagi cerah ceria.


Ulasan dan alasan menggunakan VoIP adalah, Jika lokasi terhubung dengan jarak yang cukup jauh (antar kota, antar negara) maka bisa dilihat keuntungan dari segi biaya. Kedua pihak hanya cukup membayar biaya pulsa internet saja, yang biasanya akan lebih murah daripada biaya pulsa telepon sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) atau internasional (SLI) YANG PALING MURAH (exaggerate!).


Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8 kbps bandwidth.


Kendala dari VoIP, biasanya berupa; Kualitas suara yang kurang jernih yang merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional (Namun jika koneksi berupa internet pita-lebar / broadband ,maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus). Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP


Potensi pemakaian riil adalah dimungkinkannya menerima panggilan VoIP dari luar, apakah melalui VoIP Rakyat atau VoIP provider di LN Skype atau YM.


Skype adalah salah satu software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun jaringan untukmenemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam feature yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon genggam


Bagi yang sudah memakai YM atau Skype pasti bisa memahami, bila kita hanya melakukan komunikasi suara ke antar YM atau pemilik account Skype tentu gratis. Tetapi kalau melakukan panggilan ke nomor PSTN atau HP akan dikenakan biaya.


LHA KOK PUANJANG banget ngomongnya?

Singkat cerita, postingan kali ini hanya merupakan WarTek (Warta Teknologi), yang mungkin belum termanfaatkan secara MAKSIMAL.

Tunggu apa lagi,

UpGrades Chat and Mail becomes VoIP.

BBO Goes to VoIP, silahkan mampir di BBO using VoIP.


FYI:

Hal lain yang perlu diketahui adalah, kalau memakai Skype, berarti kita bicara dengan teman yang mungkin berada di gedung sebelah tetapi via Amerika...;-(.

Nah lain lagi dengan menggunakan VoIP Rakyat, HIDUP INDONESIA!

Tidak ada komentar: